Jumat, 22 November 2019

Pengantar Jurnalistik - Modal Menulis di Media Massa


 TUGAS KELOMPOK I
Modal Menulis di Media Massa
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik
Dosen Pengampu : Eti Ramaniyar, M.Pd.
Oleh
Anastasia                     (311610059)
Atri Widiyawati          (311610048)
Elin Nurfazlin             (311610100)
Eva Sriyaningsih         (311610102)
Utary Wahyuni           (311610150)
Yovita                         (311610146)

                                      (LOGO)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
PONTIANAK
2018

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas segala limpahan berkat dan rahmat-Nya. Sehingga penyusunan makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Jurnalistik, yang diampu oleh Eti Ramaniyar, M.Pd. membahas tentang Modal Menulis di Media Massa.
Terimakasih kami sampaikan kepada dosen matakuliah Pengantar Jurnalistik Eti Ramaniyar, M.Pd yang telah memberikan banyak bantuan kepada kami, baik berupa rekomondasi materi maupun hal lainnya. Terimakasih juga kepada teman-teman yang sudah bekerjasama dalam mengerjakan penyusunan makalah ini
Kami berharap semoga makalah ini dapat berguna bagi semua pihak, khususnya bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang Modal Menulis di Media Massa. Kami mengharapan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan dan pengoptimalan pembuatan makalah selajutnya.


Pontianak, Oktober 2018

Tim Penulis,







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................ 1
A.    Latar Belakang......................................................................................... 1
B.     Rumusan Massalah................................................................................... 2
C.     Manfaat.................................................................................................... 2
D.    Tujuan ..................................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN.......................................................................................... 4
A.    Mengenal Karakteristik di Media Massa................................................. 4
B.     Mengetahui Pedoman Menulis di Media Massa...................................... 5
C.     Menghetahui Jenis-Jenis Artikel di Media Massa...................................6    
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 7











BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Menulis informasi di media massa tentunya diperlukan hal-hal yang menjadi modal agar tulisan yang berupa informasi yang ingin disampaikan dapat memenuhi kaidah aturan dalam media massa sehingga dapat diteruskan dan diterima oleh publik. Modal inilah yang ingin diketahui di dalam penulisan makalah ini. Seperti apa modal yang harus dimiliki untuk dapat menulis di media massa.
Media massa merupakan media atau ruang yang di dalamnya berisi informasi atau pesan-pesan yang akan disampaikan kepada publik serta dapat dinikmati oleh orang banyak (khalayak ramai atau massa). Sehingga media massa dapat juga dikatakan media atau sarana dimana di dalamnya berisi informasi publik yang artinya dapat diakses atau dilihat oleh siapa saja.
Media massa juga merupakan alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio dan televisi.
Secra spesifik media massa menampilkan diri sendiri dengan peranan yang diharapkan, dinamika masyarakat akan terbentuk, dimana media adalah pesan. Jenis media massa yaitu media yang berorentasi pada aspek (1) penglihatan (verbal visual) misalnya media cetak, (2) pendengaran (audio) semata-mata (radio, tape recorder), verbal vokal dan (3) pada pendengaran dan penglihatan (televisi, film, video) yang bersifat ferbal visual vokal.
Lebih jelas Effendy (2000), menerangkan media massa digunakan dalam komunikasi apabila komunikasi berjumlah banyak dan bertempat tinggal jauh. Media massa yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari umumnya adalah surat kabar, radio, televisi, dan film bioskop, yang beroperasi dalam bidang informasi, edukasi dan rekreasi, atau dalam istilah lain penerangan, pendidikan, dan hiburan. Keuntungan komunikasi dengan menggunkan media massa adalah bahwa media massa menimbulkan keserempakan artinya suatu pesan dapat diterima oleh komunikan yang jumlah relatif banyak. Jadi untuk menyebarkan informasi, media massa sangat efektif yang dapat mengubah sikap, pendapat dan prilaku komunikasi.
Media massa juga alat-alat dalam komunikasi yang bisa menyebarkan pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen. Kelebihan media massa dibanding dengan jenis komunikasi lain adalah bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu. Bahkan media massa mampu menyebarkan pesan hampir seketika pada waktu yang tak terbatas.
Dari beberapa pengertian menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum media massa dapat kita artikan sebagai ruang selain untuk memperoleh informasi juga media atau ruang untuk menyampaikan informasi dari seseorang atau kelompok  kepada khalayak ramai dimana seseorang tersebut biasanya memiliki legalitas dan kompetensi atau kemampuan dalam menyampaikan informasi secara baik serta memenuhi aturan dalam menyampaikan informasi kepada massa atau publik, yang informasi tersebut di sampaikan melalui alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio dan televisi.

B.  Rumusan Masalah
Adapun rumusan massalah dari makalah ini ialah apa saja modal yang harus dimiliki ketika ingin menulis di media massa dan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin menulis di media massa.

C.  Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari penulisan makalah ini ialah dapat memberikan pengetahuan tentang apa saja modal yang harus dimiliki ketika ingin menulis di media massa dan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin menulis di media massa.

D.    Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini ialah untuk dapat mengetahui tentang apa saja modal yang harus dimiliki ketika ingin menulis di media massa dan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin menulis di media massa.





































BAB II
MODAL MENULIS DI MEDIA MASSA
Berdasarkan literatur, sumber referensi serta teori dan pendapat para ahli setidaknya ada beberapa hal yang menajdi modal dan harus dimilik ketika ingin menulis di media massa, hal-hal tersebut ialah:
A.  Mengenal Karakteristik di Media Massa
Media massa memiliki karakteristik baik dipandang dari ideologi yang diperjuangkan maupun keinginan-keinginan institusinya. Menulis di Republika  tentu berbeda dengan menulis di Kompas atau Suara Pembaruan. Menulis di Suara Karya dan Media Indonesia tentu berbeda dengan menulis di Kedaulatan Rakyat dan Suara Merdeka. Menulis di majalah Tempo tentu berbeda dengan menulis di Gatra (Nurudin, 2007).
Untuk berhasil menebar kata di surat kabar dan majalah penulis harus mengetahui ideologi dan institusinya. Kompas lebih menyukai artike-artikel yang aktual dengan bahasa populer yang memiliki kesan cerdas. Pendeknya, ada media yang suka memaki-maki tetapi juga ada media yang bersikap netral (Nurudin, 2007).
Suroso (2002) mengatakan bahwa paling tidak ada 4 perspektif media yaitu pro pemerintah, pro masyarakat, netral, dan pro yang lain seperti partai dan golongan. Penulis harus paham betul dengan keinginan yang dipersyaratkan oleh media massa yang akan ditebari kata-kata berkait dengan jumlah kata, gaya bahasa, format, dll. Kompas misalnya, menghendaki agar tulisan asli bukan jiplakan atau saduran dan belum pernah dimuat di media lain. Aktual, mengandung unsur baru, menyangkut kepentingan pembaca, dan tidak bertele-tele. Kolom-kolom yang tersedia, yang kemungkinan besar dapat dikirimkan oleh pembaca diantaranya artikel opini, features, cerpen, foto jurnalistik, dll.
Tulisan yang bersifat pro pemerintah artinya tulisan yang dibuat lebih memihak atau mendukung pemerintah. Tulisan yang bersifat pro masyarakat ialah tulisan yang lebih memihak atau membela dan mendukung masyarakat. Tulisan yang bersifat netral ialah tulisan yang tidak memihak kepada pihak-pihak manapun baik pemerintah, masyarakat maupun lainnya. Sementara tulisan yang pro lainnya seperti partai dan golongan ialah tulisan yang sifatnya lebih memihak atau memuat hal-hal dan opini yang memihak ataupun mendukung partai maupun golongan lainnya.

B.  Mengetahui Pedoman Menulis di Media Massa
Menulis di media harus memperhatikan pedoman-pedoman penulisan seperti melihat masalah yang akan ditulis apakah aktual, berdasar event atau peristiwa tetap, lengkapi massalah tersebut dengan data-data dan teori pendukung. Mulailah menulis dengan lead atau pembuka yang menarik.
Artikel menarik selalu bermain dengan data dan fakta, oleh karena itu dalam analisis penulis dapat berperan sebagai teoretikus sekaligus praktisi. Contoh: untuk mengungkap kebobrokan pendidikan, penulis tidak hanya tahu dari informasi (media massa) teapi juga merasakan rendahnya kualitas dunia pendidikan seperti kemunafikan atau sikap hipokrit, tiadanya tanggung jawab dan etos kerja, feodalisme dalam mengelola pendidikan, dll. Tidak hanya tahu tetapi merasakan. (Cangara, 2002).
Artikel yang ditulis harus memiliki kesimpulan dan pemecahan masalah. Jika penulis merasa tulisannya tidak layak untuk dikirim ke redaktur jangan dipaksakan untuk dikirim. Hal ini untuk menghindari konflik dengan pembaca. Contoh: pada rejim Soeharto menulis tentang komunisme dengan sudut pandang HAM tentu akan berurusan dengan aparat. Jangan menulis yang dapat menyinggung persaan pihak lain (individu dan golongan). (Liliweri, 1991)

C.  Menghetahui Jenis-Jenis Artikel di Media Massa
Ketika ingin terjun dan menulis di media massa maka wajib bagi penulis untuk mengetahui jenis-jenis artikel yang dimuat di media massa.  Biasanya media massa memuat artikel-artikel pengetahuan populer dan artikel yang menarik perhatian siapa saja, seperti penemuan, sejarah dan peradaban.
Media massa juga memuat artikel penuntun (guidance) Artikel yang menuntun pembaca untuk berbuat sesuatu. (Misalnya memasak, berpetualang, indekost, memilih pendidikan, dll), artikel politik (artikel yang menanganalisis peristiwa politik aktual), artikel sosial budaya (artikel yang mengupas masalah kesenjangan sosial dan produk kebudayaan seperti sastra, kesenian, dan budaya etnis, dll) dan artikel olahraga (menyoroti olehraga prestasi dan rekreasi dari perspektif sosial politik dan kebudayaan)


DAFTAR PUSTAKA
Cangara, Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Liliweri, Alo. 1991. Memahami Komunikasi Massa Dalam Masyarakat. Bandung: Citra Aditya Bakti
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suroso. 2002. Menulis di Media Massa. Jurnal UNY. Yogyakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar