TUGAS KELOMPOK I
Modal
Menulis di Media Massa
Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik
Dosen
Pengampu : Eti Ramaniyar, M.Pd.
Oleh
Anastasia (311610059)
Atri
Widiyawati (311610048)
Elin
Nurfazlin (311610100)
Eva
Sriyaningsih (311610102)
Utary
Wahyuni (311610150)
Yovita (311610146)
(LOGO)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
INSTITUT
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA
PONTIANAK
2018
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha
Kuasa, karena atas
segala limpahan berkat dan
rahmat-Nya. Sehingga penyusunan makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar
Jurnalistik, yang diampu oleh Eti
Ramaniyar, M.Pd. membahas tentang Modal Menulis di Media Massa.
Terimakasih kami sampaikan kepada dosen matakuliah
Pengantar Jurnalistik Eti Ramaniyar, M.Pd yang telah memberikan banyak bantuan kepada kami, baik berupa rekomondasi
materi maupun hal lainnya. Terimakasih juga kepada teman-teman yang sudah
bekerjasama dalam mengerjakan penyusunan
makalah ini
Kami berharap semoga makalah
ini dapat berguna bagi semua pihak, khususnya bagi mahasiswa program studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, agar dapat meningkatkan pengetahuan dan
pemahamannya tentang Modal Menulis di Media Massa. Kami mengharapan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan dan
pengoptimalan pembuatan makalah selajutnya.
Pontianak, Oktober 2018
Tim Penulis,
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iii
BAB I
PENDAHULUAN........................................................................................ 1
A. Latar
Belakang......................................................................................... 1
B. Rumusan Massalah................................................................................... 2
C. Manfaat.................................................................................................... 2
D.
Tujuan ..................................................................................................... 3
BAB II
PEMBAHASAN.......................................................................................... 4
A. Mengenal
Karakteristik di Media Massa................................................. 4
B. Mengetahui
Pedoman Menulis di Media Massa...................................... 5
C.
Menghetahui Jenis-Jenis Artikel di Media
Massa...................................6
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................... 7
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Menulis
informasi di media massa tentunya diperlukan hal-hal yang menjadi modal agar
tulisan yang berupa informasi yang ingin disampaikan dapat memenuhi kaidah
aturan dalam media massa sehingga dapat diteruskan dan diterima oleh publik.
Modal inilah yang ingin diketahui di dalam penulisan makalah ini. Seperti apa
modal yang harus dimiliki untuk dapat menulis di media massa.
Media
massa merupakan media atau ruang yang di dalamnya berisi informasi atau
pesan-pesan yang akan disampaikan kepada publik serta dapat dinikmati oleh
orang banyak (khalayak ramai atau massa). Sehingga media massa dapat juga
dikatakan media atau sarana dimana di dalamnya berisi informasi publik yang
artinya dapat diakses atau dilihat oleh siapa saja.
Media
massa juga merupakan alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari
sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi
mekanis seperti surat kabar, film, radio dan televisi.
Secra
spesifik media massa menampilkan diri sendiri dengan peranan yang diharapkan,
dinamika masyarakat akan terbentuk, dimana media adalah pesan. Jenis media massa
yaitu media yang berorentasi pada aspek (1) penglihatan (verbal visual)
misalnya media cetak, (2) pendengaran (audio) semata-mata (radio, tape
recorder), verbal vokal dan (3) pada pendengaran dan penglihatan (televisi,
film, video) yang bersifat ferbal visual vokal.
Lebih jelas Effendy (2000), menerangkan media massa
digunakan dalam komunikasi apabila komunikasi berjumlah banyak dan bertempat
tinggal jauh. Media massa yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari
umumnya adalah surat kabar, radio, televisi, dan film bioskop, yang beroperasi
dalam bidang informasi, edukasi dan rekreasi, atau dalam istilah lain
penerangan, pendidikan, dan hiburan. Keuntungan komunikasi dengan menggunkan
media massa adalah bahwa media massa menimbulkan keserempakan artinya suatu
pesan dapat diterima oleh komunikan yang jumlah relatif banyak. Jadi untuk
menyebarkan informasi, media massa sangat efektif yang dapat mengubah sikap,
pendapat dan prilaku komunikasi.
Media massa juga alat-alat dalam komunikasi yang bisa
menyebarkan pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen. Kelebihan media massa dibanding
dengan jenis komunikasi lain adalah bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu.
Bahkan media massa mampu menyebarkan pesan hampir seketika pada waktu yang tak
terbatas.
Dari
beberapa pengertian menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa secara
umum media massa dapat kita artikan sebagai ruang selain untuk memperoleh
informasi juga media atau ruang untuk menyampaikan informasi dari seseorang
atau kelompok kepada khalayak ramai
dimana seseorang tersebut biasanya memiliki legalitas dan kompetensi atau
kemampuan dalam menyampaikan informasi secara baik serta memenuhi aturan dalam
menyampaikan informasi kepada massa atau publik, yang informasi tersebut di
sampaikan melalui alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio dan
televisi.
B. Rumusan Masalah
Adapun
rumusan massalah dari makalah ini ialah apa saja modal yang harus dimiliki
ketika ingin menulis di media massa dan apa saja hal-hal yang harus
diperhatikan ketika ingin menulis di media massa.
C. Manfaat
Manfaat
yang diharapkan dari penulisan makalah ini ialah dapat memberikan pengetahuan
tentang apa saja modal yang harus dimiliki ketika ingin menulis di media massa
dan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin menulis di media
massa.
D. Tujuan
Adapun
tujuan dari penulisan makalah ini ialah untuk dapat mengetahui tentang apa saja
modal yang harus dimiliki ketika ingin menulis di media massa dan apa saja
hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin menulis di media massa.
BAB
II
MODAL MENULIS DI MEDIA MASSA
Berdasarkan
literatur, sumber referensi serta teori dan pendapat para ahli setidaknya ada
beberapa hal yang menajdi modal dan harus dimilik ketika ingin menulis di media
massa, hal-hal tersebut ialah:
A. Mengenal Karakteristik di Media
Massa
Media
massa memiliki karakteristik baik dipandang dari ideologi yang diperjuangkan
maupun keinginan-keinginan institusinya. Menulis di Republika tentu berbeda dengan menulis di Kompas atau
Suara Pembaruan. Menulis di Suara Karya dan Media Indonesia tentu berbeda
dengan menulis di Kedaulatan Rakyat dan Suara Merdeka. Menulis di majalah Tempo
tentu berbeda dengan menulis di Gatra (Nurudin, 2007).
Untuk
berhasil menebar kata di surat kabar dan majalah penulis harus mengetahui
ideologi dan institusinya. Kompas lebih menyukai artike-artikel yang aktual
dengan bahasa populer yang memiliki kesan cerdas. Pendeknya, ada media yang
suka memaki-maki tetapi juga ada media yang bersikap netral (Nurudin, 2007).
Suroso
(2002) mengatakan bahwa paling tidak ada 4 perspektif media yaitu pro
pemerintah, pro masyarakat, netral, dan pro yang lain seperti partai dan
golongan. Penulis harus paham betul dengan keinginan yang dipersyaratkan oleh
media massa yang akan ditebari kata-kata berkait dengan jumlah kata, gaya
bahasa, format, dll. Kompas misalnya, menghendaki agar tulisan asli bukan
jiplakan atau saduran dan belum pernah dimuat di media lain. Aktual, mengandung
unsur baru, menyangkut kepentingan pembaca, dan tidak bertele-tele. Kolom-kolom
yang tersedia, yang kemungkinan besar dapat dikirimkan oleh pembaca diantaranya
artikel opini, features, cerpen, foto jurnalistik, dll.
Tulisan
yang bersifat pro pemerintah artinya tulisan yang dibuat lebih memihak atau
mendukung pemerintah. Tulisan yang bersifat pro masyarakat ialah tulisan yang
lebih memihak atau membela dan mendukung masyarakat. Tulisan yang bersifat
netral ialah tulisan yang tidak memihak kepada pihak-pihak manapun baik
pemerintah, masyarakat maupun lainnya. Sementara tulisan yang pro lainnya
seperti partai dan golongan ialah tulisan yang sifatnya lebih memihak atau
memuat hal-hal dan opini yang memihak ataupun mendukung partai maupun golongan
lainnya.
B. Mengetahui Pedoman Menulis di Media
Massa
Menulis
di media harus memperhatikan pedoman-pedoman penulisan seperti melihat masalah
yang akan ditulis apakah aktual, berdasar event atau peristiwa tetap, lengkapi
massalah tersebut dengan data-data dan teori pendukung. Mulailah menulis dengan
lead atau pembuka yang menarik.
Artikel
menarik selalu bermain dengan data dan fakta, oleh karena itu dalam analisis
penulis dapat berperan sebagai teoretikus sekaligus praktisi. Contoh: untuk
mengungkap kebobrokan pendidikan, penulis tidak hanya tahu dari informasi
(media massa) teapi juga merasakan rendahnya kualitas dunia pendidikan seperti
kemunafikan atau sikap hipokrit, tiadanya tanggung jawab dan etos kerja,
feodalisme dalam mengelola pendidikan, dll. Tidak hanya tahu tetapi merasakan.
(Cangara, 2002).
Artikel
yang ditulis harus memiliki kesimpulan dan pemecahan masalah. Jika penulis
merasa tulisannya tidak layak untuk dikirim ke redaktur jangan dipaksakan untuk
dikirim. Hal ini untuk menghindari konflik dengan pembaca. Contoh: pada rejim
Soeharto menulis tentang komunisme dengan sudut pandang HAM tentu akan
berurusan dengan aparat. Jangan menulis yang dapat menyinggung persaan pihak
lain (individu dan golongan). (Liliweri, 1991)
C. Menghetahui Jenis-Jenis Artikel di
Media Massa
Ketika
ingin terjun dan menulis di media massa maka wajib bagi penulis untuk
mengetahui jenis-jenis artikel yang dimuat di media massa. Biasanya media massa memuat artikel-artikel
pengetahuan populer dan artikel yang menarik perhatian siapa saja, seperti
penemuan, sejarah dan peradaban.
Media
massa juga memuat artikel penuntun (guidance) Artikel yang menuntun pembaca
untuk berbuat sesuatu. (Misalnya memasak, berpetualang, indekost, memilih
pendidikan, dll), artikel politik (artikel yang menanganalisis peristiwa
politik aktual), artikel sosial budaya (artikel yang mengupas masalah
kesenjangan sosial dan produk kebudayaan seperti sastra, kesenian, dan budaya
etnis, dll) dan artikel olahraga (menyoroti olehraga prestasi dan rekreasi dari
perspektif sosial politik dan kebudayaan)
DAFTAR PUSTAKA
Cangara, Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT
Raja Grafindo
Persada.
Effendy, Onong Uchjana.
2000. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT
Remaja
Rosdakarya.
Liliweri,
Alo. 1991. Memahami Komunikasi Massa
Dalam Masyarakat. Bandung: Citra Aditya Bakti
Nurudin.
2007. Pengantar Komunikasi Massa.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suroso. 2002. Menulis
di Media Massa. Jurnal UNY.
Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar