Selasa, 05 November 2019

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran BAB II Berkomunikasi dengan Iklan, Slogan, dan Poster, Kelas VIII Kompetensi Dasar 3.3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

   Sekolah
: SMPN 3 Ketapang
   Mata pelajaran
: Bahasa Indonesia
   Tahun Pembelajaran
: 2019/2020
   Kelas/Semester
: VIII/(Ganjil)
   Materi Pokok
: Berkomunikasi Dengan Iklan,Slogan, dan Poster
   Alokasi Waktu
: 2X40 Menit

A.    Kompetensi Inti (KI)

K.I-1  :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
K.I-2  :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K.I-3  :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
K.I- 4:Mencoba, mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
                  
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
3.3 Mengidentifikasikan informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

3.3.1. Memahami Pengertian teks iklan, slogan, poster.

3.3.2 Mengidentifikasikan isi dan unsur-unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster.

3.3.3 Membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster.
4.3 Menyimpulkan iklan, slogan, atau     poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber.
4.3.1. Menyimpulkan isi iklan, slogan, dan poster.
4.3.2. Memberikan argumentasi pada isi teks iklan, slogan, dan poster.


C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca simpulan dari teks iklan, slogan, dan poster, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dan metode pembelajaran generalisasi dan verifikasi siswa mampu:
1.      Menyimpulkan isi iklan, slogan, dan poster.
2.      Siswa dapat menemukan pemahaman melalui contoh-contoh yang di jumpai dalam kehidupannya sehari-hari.
3.      Memperbandingkan iklan, slogan, dan poster.
4.      Dapat memberikan argumentasi terhadap teks iklan, slogan, dan poster berdasarkan teks  iklan, slogan, dan poster yang dibaca, dan didengar.
5.      Menafsirkan mengenai iklan, slogan, dan poster.
6.      Serta penilaian terhadap teks iklan, slogan dan poster.

D.    Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan:
  1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan:
A.    Menentukan Unsur-unsur Teks Iklan, Slogan, Poster
Ikuti kegiatan-kegiatan berikut dengan penuh semangat untuk memperdalam pengetahuanmu tentang iklan, slogan, dan poster.
1.      Pengertian Teks Iklan
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks iklan bearti berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Teks iklan juga berarti pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa dijual dan dipasang melalui media massa. Iklan dapat ditemui di majalah, surat kabar, televisi atau di tempat umum.
Iklan dapat berfungsi sebagai berikut.
a.       Sarana informasi
Fungsi tersebut menyampaikan produk baru atau ciri-ciri produk yang diiklankan.
b.      Persuasi atau memengaruhi
Fungsi tersebut mengarahkan konsumen untuk membeli produk yang diiklankan.
c.       Sebagai reminder atau pengingat
Iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakan produk tersebut.
Iklan yang baik mempunyai syarat-syarat berikut.
a.         Objektif dan jujur
b.        Jelas dan mudah dipahami
c.         Tidak menyinggung pihak lain
d.        Menarik perhatian banyak orang
2.      Ciri-ciri Teks Iklan
Karakteristik atau ciri-ciri sebuah teks iklan sebagai berikut.
a.         Tek iklan bersifat informatif dan komunikatif.
b.        Teks iklan harus disusun secara objektif dan jujur.
c.         Teks iklan ditulis singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami.
d.        Teks iklan tidak menyinggung pihak lain.
e.         Teks iklan menarik perhatian banyak orang.

3. Fakta dan Opini dalam Teks Iklan
 Bahasa dalam iklan mengandung fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa atau kjadian tidak diragukan kenyataannya. Fakta dalam iklan mencakup identitas produk yang ditawarkan, komposisi, kegunaan, dan sarana penggunaan secara lengkap. Opini merupakan ide, gagasan, pendapat, pemikiran, atau penawaran untuk memengaruhi sasaran iklan.pemasang iklan tidak boleh melebih-lebihkan produk. Ciri-ciri opini disajikan dengan bahasa persuasif. Kalimat opini sering menggunakan kata biasanya, seandainya, mungkin, kira-kira, akan tampak,barangkali, atau kata bersifat subjektif lainnya.
            4. Jenis-jenis   Teks Iklan
Teks iklan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu berdasarkan sifat, tujuan, dan ruang.
a.      Berdasarkan Sifat Iklan
Teks iklan terbagi menjadi duaklasifikasi berdasarkan sifatnya, yaitu
teks iklan niaga dan teks iklan nonniaga.
1)   Teks Iklan Niaga
Teks iklan niaga adalah teks iklan dibuat untuk memengaruhi khalayak umum atau warga masyarakat supaya tertarik untuk memiliki, membeli, dan menggunakan produk yang diiklankan.

2)      Teks Iklan Nonniaga
Teks Iklan Nonniaga adalah teks iklan yang digunakan sebagai iklan layanan masyarakat dengan tujuan menarik perhatian masyarakat. Jadi, warga masyarakat mempunyai rasa simpati atau memberikan dukungan terhadap aspek yang diiklankan.
b.      Berdasarkan Tujuan Iklan
1)      Teks Iklan Penawaran atau Permintaan
Teks iklan penawaran biasanya berupa iklan niaga penawaran produk barang atau jasa agar masyarakat membeli atau mengonsumsi. Teks iklan produk permintaan berisi permintaan agar orang lain mau bekerja sama dengan pemasang iklan.
2)      Teks Iklan Pengumuman
Teks iklan pengumuman termasuk iklan nonniaga yang memberitahukan kepentingan atau penerangan kepada masyarakat. Teks iklan ini juga berupa pemberitahuan tentang suatu peristiwa, seperti kematian, kelahiran, pernikahan, atau keberhasilan seseorang.
c.       Berdasarkan Ruang Iklan
1)      Teks Iklan Baris
Teks iklan baris adalah iklan singkat terdiri atas beberapa baris dalam sebuah kolom khusus. Teks iklan ini berisi berbagai penawaran seperti rumah disewakan atau dikontrakkan, rumah dijual, lowongan pekerjaan, penjualan atau pencarian barang, bahkan penawaran jasa. Jumlah ruang yang disediakan teks iklan baris sangat terbatas. Biaya pemasangan teks iklan ini dihitung berdasarkan jumlah kata, jumlah baris, panjang, dan jangka waktu penerbitan.
2)      Teks Iklan Kolom
Teks iklan kolom terdiri atas ilustrasi (gambar, foto, atau bagan) dan kata-kata.teks iklan kolom berisi penawaran, ajakan, dan rayuan untuk membeli produk atau barang yang ditawarkan.
Iklan layanan masyarakat digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khalayak dengan tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.
Iklan tidak hanya bagian dari industri berskala besar. Namun, iklan sering digunakan untuk kepentingan-kepentingan berikut.
a)      Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjul barang dan jasa.
b)      Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.
5. Pengertian Teks Slogan
        Teks slogan adalah sebuah moto yang dipakai dalam berbagai konteks, baik konteks komersial agama, politik, pendidikan, lingkungan hidup, maupun kesehatan. Slogan berbentuk kata atau kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan. Slogan bertujuan untuk menyampaikan informasi dan memengaruhi pandangan serta pendapat orang terhadap informasi tersebut. Slogan biasa dipasang diruangan, tempat umum, atau tempat strategis lainnya.
6.    Ciri-ciri Teks Slogan
Teks slogan mempunyai ciri-ciri Berikut.
e.       Kalimat menarik.
f.       Kalimat pendek.
g.      Kalimat mudah dipahami.
h.      Kalimat menjelaskan visi, misi, dan tujuan.
i.        Kalimat bersifat persuasif, singkat, dan jelas.

7.    Jenis-jenis Teks Slogan
a.      Teks Slogan Lingkungan Hidup
Teks slogan lingkungan hidup berkaitan dengan lingkungan hidup. Tujuannya untuk mengajak masyarakat lebih peduli dengan lingkungan.
b.      Teks Slogan Pendidikan
Teks slogan pendidikan berisi tulisan-tulisan berkaitan dengan motivasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan.
c.       Teks Slogan Kesehatan
Teks slogan berisi tulisan-tulisan untuk memotivasi masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan.
  d. Teks Slogan Motivasi
Teks slogan motivasi berisi tulisan-tulisan yang bisa memotivasi masyarakat agar jauh lebih baik.

8.    Pengertian Teks Poster
Teks poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan) yang ditulis di atas kertas atau papah cukup besar dengan huruf cukup besar dan warna mencolok. Tujuannya agar mudah dibaca dari jarak jauh. Teks poster digunakan sebagai alat untuk mengiklankan sesuatu, alat propaganda, dan protes, serta maksud-maksud lain untuk menyampaikan berbagai pesan.

9.    Ciri-ciri Teks Postes
Teks poster memiliki ciri-ciri berikut.
a.       Desain grafis teks poster memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
b.      Teks poster biasa ditempel di dinding, tempat-tempat umum, atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.
c.       Teks poster biasa dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
d.      Bahasa singkat dan jelas.
e.       Teks poster sebaiknya disertai gambar.
f.       Teks poster dapat dibaca sambil tau.

10.  Jenis-jenis Teks Poster
Berdasarkan isinya, teks poster dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.
a.       Teks poster niaga adalah teks poster berisi tentang produk yang diperjualbelikan.
b.      Teks poster pendidikan adalah teks poster berisi tentang pendidikan.
c.       Teks poster penerangan adalah teks poster berisi penjelasan suatu objek.
d.      Teks poster kegiatan adalah teks poster menjelaskan berbagai kegiatan.

Menyimpulkan Isi Teks Iklan, Slogan, dan Poster
3.      Menyimpulkan Teks Iklan
Teks Iklan berisi pernyataan-pernyataan yang berhubungan dengan materi iklan. Kamu dapat menyimpulkan isi teks iklan tersebut.langkah-langka menyimpulkan iklan sebagai berikut.
a.       Bacalah dengan cermat pernyataanpernyataan dalam teks iklan.
b.      Temukan ide pokok dalam teks iklan.
c.       Susunlah pernyataan-pernyataan berdasarkan ide pokok dan kata kunci dan kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

2.      Menyimpulkan Teks Slogan
Bagaimana cara menyimpulkan teks slogan? Berikut langkah-langkah menyimpulkan isi teksslogan sebagai berikut.
a.       Bacalah dengan cermat kalimat dalam teks slogan.
b.      Temukan ide pokok dalam teks slogan.
c.       Tulislah simpulan berdasarkan ide pokok dengan kalimat sendiri.

3.      Menyimpulkan Teks Poster
Cara menyimpulkan isi teks poster sebagai berikut.
a.       Bacalah dengan cermat kalimat dalam teks poster.
b.      Temukan ide pokok dalam teks poster.
c.       Tulislah simpulan berdasarkan ide pokok dengan kalimat sendiri.
Keterampilan :
A.    Praktik dengan teman sebangkumu, untuk menyimpulkan isi teks poster I, poster II, dan poster III.
B.     Siswa mengamati dengan cermat beberapa teks iklan gambar iklan dan kemudian menjawab dan menyimpulkan dari beberapa gambar teks iklan tersebut.
C.     Praktik mencermati serta menyimpulkan isi teks slogan I dan teks slogan II.

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan                : Scientific Learning
Metode                       : Generalization dan Verification.
Model Pembelajaran   : Discovery Learning, dan Problem Based Learning.

F.     Media/Alat, dan Bahan Pembelajaran
Media/alat                  : Lembar penilaian, lembar kerja peserta didik, Pulpen, Penggaris, Spidol, Papan tulis, Penghapus Papan tulis.
Bahan                         : Teks iklan, slogan, dan poster

G.   Sumber Belajar
1.      PR Bahasa Indonesia kelas VIII Semester 1 Intan Pariwara.
2.      Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Balai Pustaka.
4.      Permendekbud RI nomor 24 tahun 2016. Bahasa Indonesia SMPKelas VIII.
5.      Permendikbud RI nomor 8 tahun 2016 . Tentang Buku yang digunakan oleh Satuan Pendidikan.

H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama (2 Jam Pelajaran)
Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
1.     Mengawali dengan pembukaan mengucapkan salam dan berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing untuk  memulai pembelajaran.
2.     Mengucapkan salam pembuka untuk mengawali pembelajaran.
3.     Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
4.     Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi
1.      Mengingatkan kembali materi sebelumnya dengan bertanya.
2.      Guru bertanya-jawab tentang menentukan unsur-unsur teks iklan, slogan dan poster. Pada bagian awal ini untuk membangun kepercaya diri peserta didik dengan cara menunjuk salah satu siswa untuk menjawab dan menjelaskannya.
3.      Bertanya jawab tentang ciri-ciri dan jenis-jenis teks iklan, slogan dan poster kepada siswa.

Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
     Pemberian acuan
1.      Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ini.
2.      Memberitahukan tentang, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan KKM dari mata pelajaran ini.
3.      Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar. sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
4.      Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
5.      Membentuk kelompok dengan cara berhitung.
15menit
Inti
1)   Merumuskan pertanyaan
1.    Peserta didik membaca pendalaman materi bagian B. Menyimpulkan isi teks iklan, slogan dan poster.
2.    Peserta didik dengan dibimbing guru menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan teks yang dibaca berkaitan dengan simpulan mengenai isi teks iklan, slogan dan poster.
2)   Merencanakan
Peserta didik yang sudah berkelompok bersama teman sebangku. Sebelum berdiskusi, masing-masing kelompok diskusi diminta oleh guru untuk membaca dan menyimpulkannya terlebih dahulu lembar kerja yang sudah tertera di LKS.
Mengumpulkan dan menganalisis data
Peserta didik mendiskusikan mengenai simpulan isi teks poster dan slogan tersebut.
    Menarik simpulan
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dalam lembar kerja yang sudah disediakan sekaligus merumuskan kesimpulan hasil diskusinya dengan dibimbing oleh guru dengan penuh tanggung jawab.
3)   Aplikasi dan tindak lanjut
1.      Setiap kelompok memajang hasil diskusinya di papan tulis.
2.      Peserta didik dipandu oleh guru menjawab pertanyaan di LKS.
3.      Setiap kelompok mengamati dan dan memberi penilaian pekerjaan kelompok lain yang dipajangkan dan mengomentari dengan santun.
55
menit
Penutup
1.     Peserta didik bersama guru menyimpulkan isi teks iklan, slogan dan poster.
2.     Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran  yang telah berlangsung.
3.     Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran menyimpulkan hasil Peserta didik menerima tugas dari guru.
4.     Peserta didik menerima penyampaian guru perihal kegiatan pembelajarannya berikutnya, mengenai menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan dan poster.
10 menit
I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
1.      Penilaian Sikap
a.      Penilaian Sikap
Jurnal Pengembangan Sikap
Nama Sekolah             : SMP Negeri 3 Ketapang
Kelas/Semester            : VIII / 1
Tahun Pelajaran           : 2019/2020

No
Waktu
Nama
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Keterangan

























2.      Penilaian Pengetahuan
a.      Teknik           : Tes Tertulis
b.      Kisi-Kisi Tes Tertulis
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
3.3 Mengidentifikasikan informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

3.3.1. Memahami Pengertian teks iklan, slogan, poster.

3.3.2 Mengidentifikasikan isi dan unsur-unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster.

3.3.3 Membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster.
1. Teks iklan
2. Teks slogan
3. Teks poster

1. Siswa mendapatkan pemahaman  mengenai teks iklan, slogan, dan poster.
2. dapat memberikan contoh slogan motivasi.
3. Siswa dapat membedakan unsur-unsur berdasarkan dengan jenisnya.
Uraian
3
2
4.3
Menyimpulkan iklan, slogan, dan     poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber.
4.3.1. Menyimpulkan isi iklan, slogan, dan poster.
4.3.2. Memberikan argumentasi pada isi teks iklan, slogan, dan poster.
1. Menyimpulkan teks iklan.
2. Menyimpulkan teks slogan.
3. Menyimpulkan teks poster.

Peserta didik dapat
1.Menyimpulkan isi iklan, slogan, dan poster.
2. Siswa dapat menemukan pemahaman melalui contoh-contoh yang di jumpai dalam kehidupannya sehari-hari.
3. Dapat memberikan argumentasi terhadap teks iklan, slogan, dan poster berdasarkan teks  iklan, slogan, dan poster yang dibaca, dan didengar.

Uraian
5


c.       Instrumen/ Butir Soal (Beserta Jawabannya)
d.      Instrumen/ Butir Soal (Beserta Jawabannya)
A.    Amati dengan saksama gambar teks iklan berikut, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk mengetahui pemahaman tentang teks iklan !
Description: C:\Users\User\Documents\bab 2.jpeg
1.    Apa isi teks iklan tersebut ?
Kunci jawaban :

Teks iklan tersebut berisi tawaran produk semen. Teks iklan tersebut menawarkan merek produk semen Roda Mas sebagai produk semen kebanggaan bangsa.
2.    Apa tujuan utama pemasangan teks iklan tersebut ?
Kunci jawaban :

Pemasaran tersebut menawarkan produk semen Roda Mas serta membuat produk tersebut laku di pasaran.

3.    Aspek apa saja yang harus ditonjolkan dalam teks iklan tersebut.
Kunci jawaban :

Aspek yang perlu ditonjolkan dalam teks sebagai berikut.
a.         Gambar barang yang diiklankan.
b.        Kalimat teks iklan harus jelas, singkat, mudah dipahami, dan mudah diingat.
c.         Warna teks iklan harus bagus, mencolok, atau kontras.

4.    Termasuk jenis apakah teks iklan tersebut?
Kunci jawaban :

Teks iklan termasuk jenis teks iklan niaga.

B.     Berikan contoh teks slogan motivasi berisi tulisan-tulisan yang bisa memotivasi agar jauh baik.
Kunci jawaban :

Description: C:\Users\User\Documents\3.jpeg

C.     Cermati teks poster berikut !

Description: C:\Users\User\Documents\4.jpeg

Tentukan perbedaan teks poster tersebut berdasarkan jenisnya !
Kunci jawaban :

1.    Teks poster I termasuk dalam teks poster kegiatan.
2.    Teks poster II termasuk dalam teks poster penerangan.
3.    Teks poster III termasuk dalam teks poster penerangan.

Penskoran Soal Uraian

No.
Soal
                                         Deskripsi jawaban        
Skor
1.
2.
3.

a. Siswa dapat mengamati isi teks iklan.
b. Dapat memberikan satu contoh teks slogan motivasi !
c. Menjawab perbedaan dari ketiga isi teks poster tersebut!

40
20
40



                                             Jumlah Skor
100


   Nilai
=Skor perolehan x 100
  Jumlah Skor

1.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Remedial
1)      Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian: remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar.
2)      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), seperti sebagai berikut.
Pengetahuan:
1. Unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster.
2. Penyimpulan maksud suatu iklan.
3. Memahami isi teks iklan, slogan, dan Poster.
Keterampilan:
Praktik menentukan dan menyimpulkan kembali  unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster.
Pengayaan
1.      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2.      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3.      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Pengetahuan :
b.      Pengertian dan Teks iklan, slogan, dan poster.
c.       Unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster.
d.      Penyimpulan teks iklan, slogan dan poster.
e.       Menceritakan kembali isi teks iklan, slogan dan poster.
Keterampilan :
a.         Praktik menentukan Unsur-unsur dan menyimpulkan kembali teks iklan, slogan, dan poster.
b.        Praktik menceritakan kembali isi teks iklan, slogan dan poster.

Sikap utama yang ditumbuhkan: jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri.

A.    Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Sikap
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Instrumen penilaian sikap.

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
75
75
50
75
275
68,75
C
2
...
...
...
...
...
...
...
3
...
...
...
...
...
...
...
...

Keterangan :
BS : Bekerja Sama
JJ   : Jujur
TJ  : Tanggun Jawab
DS : Disiplin

Catatan :
1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
     100  = Sangat Baik
     75    = Baik
     50    = Cukup
     25    = Kurang
2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00            = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00  = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –  25,00 = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu.
Berikut format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00   = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00  = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –  25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.

Berikut format penilaian teman sebaya:
Nama yang diamati           : ...
Pengamat                         : ...
                                     
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
2.      Pengetahuan
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)      Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik.
b)      Peserta didik meminta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik.
c)      Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

3.      Keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja
Instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:


Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik

(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan




Kriteria penilaian (skor)
100      =   Sangat Baik                                          50 =   Kurang Baik
75        =   Baik                                                      25 =   Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

Instrumen Penilaian Diskusi
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menyelesaikan masalah




Keterangan :
100      =   Sangat Baik                                          50 =   Kurang Baik
75        =   Baik                                                      25 =   Tidak Baik













         Mengetahui,
Kepala SMPN 3 Ketapang



H. Masrik, S.Pd.
NIP. 19630827 198601 1 001







Ketapang, 07 Oktober 2019
Guru Mapel Bahasa Indonesia



Eva Sriyaningsih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar